Please select a page for the Contact Slideout in Theme Options > Header Options

Vocabulary of Architecture: Design

Vocabulary of Architecture: Design
26/02/2010

Buku kecil ini merupakan awal dari serangkaian cerita mengenai kata-kata yang banyak digunakan dalam arsitektur. Benarkah kita sungguh-sungguh memahami kata-kata tersebut? Sejak kapan kata-kata tersebut digunakan dalam dunia arsitektur? Bagaimana mereka muncul?

Buku pertama dalam seri Vocabulary of Architecture ini mengulas tentang makna kata ‘design‘. Dengan meminjam tiga fase kebudayaan C.A. van Peursen yang didasari oleh filsafat, buku ini dibagi menjadi tiga bagian: arsitektur tanpa design, disegno, dan arsitektur dengan design. Jika arsitektur dapat muncul tanpa design, lalu seperti apa proses penciptaannya? Apa arti kata disegno sebenarnya? Lalu bagaimana penciptaan arsitektur dengan design? Selain ulasan utama mengenai kata design, buku ini juga dilengkapi dengan caption-caption mengenai kata design dalam berbagai bahasa serta makna kata design yang ditemukan dalam tiga kamus besar sejak awal abad 17 sampai abad 19. Buku ini tidak hanya mengulas sejarah atau kata design, tetapi juga merenungkan perannya dalam dunia arsitektur di masa sekarang.

Buku ini ditulis oleh tiga orang yang senang berdiskusi mengenai arsitektur, sebuah kolaborasi yang menyangkut generasi yang berbeda. Dr. Abang Winarwan adalah pengajar di Universitas Katolik Parahyangan dan seorang arsitek praktisi yang karya arsitekturnya telah memenangkan beberapa sayembara desain. Justin Coupertino Umbu adalah konsultan arsitektur Gereja wilayah Keuskupan Bandung dan seorang fotografer. Yenny Gunawan adalah seorang arsitek sekaligus pengajar di Universitas Pelita Harapan.

Saat ini, ketiga penulis ini sedang meramu seri Vocabulary of Architecture berikutnya, yang mengulas mengenai ‘Form’.

* * *

Vocabulary of Architecture: Design
Penulis: Abang Winarwan, Justin Coupertino Umbu, Yenny Gunawan
Penerbit: UPH Press, 2010

cover-design

Buku Vocabulary of Architecture: Design bisa didapatkan seharga Rp 30.000 di Rumah Buku/Kineruku. Informasi selengkapnya klik di sini.

Comments (0)

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Subscribe