Please select a page for the Contact Slideout in Theme Options > Header Options
Zaman Baru Generasi Modernis: Sebuah Catatan Arsitektur – Abidin Kusno

Zaman Baru Generasi Modernis: Sebuah Catatan Arsitektur – Abidin Kusno

Rp 45.000,00

Editor: Manneke Budiman
Penerbit: Ombak
Tahun Terbit: 2012
Tebal: 168 halaman
ISBN: 978-602-7544-77-2

Kondisi: Baru

Kata-kata seperti “gerak,” “gerakan” dan “pergerakan” merupakan ungkapan kunci dalam sejarah Indonesia modern. Kata-kata tersebut bisa membangkitkan dan juga menumbangkan sebuah zaman. Ungkapan pergerakan itu juga bisa diartikan sebagai pendobrakan, pembangkangan dan pembaharuan. Bagaimana arsitek ikut berperan, sadar atau tidak, dalam proses pergerakan zaman adalah pertanyaan yang dihadirkan dalam buku ini.

Melalui dua puluh satu catatan ringkas, Abidin Kusno meletakkan pertimbangan intelektual dan sosial-politik sebagai asa yang menentukan sejarah arsitektur di Indonesia. Bagaimana arsitek ikut mendorong perubahan zaman dan terlibat penataan jaringan kekuasaan yang sekaligus membentuk dirinya? Bagaimana arsitektur di Indonesia bergesekan dengan semangat “modernisme”? Bagaimana modernis Indonesia merangkul ide-ide baru, meskipun yang lama masih menjadi sumber untuk formasi baru?

Dimulai dengan transformasi perkotaan pada awal abad ke-20, buku ini melacak peristiwa-peristiwa pembaharuan yang melibatkan arsitek Sepanjang jalan diperlihatkan tanda-tanda modernisme Indonesia, dan transformasinya di berbagai zaman, sehingga akhirnya tercapai suatu kesimpulan bahwa modernisme Indonesia mengambil bentuk yang beragam: dari yang membangkang kepada kemapanan, hingga yang kompromis kepada kekuasaan, dan ia hidup sejak awal abad ke-20 hingga sekarang.

000

Additional information

Weight0.3 kg
Dimensions15.5 x 22 x 1.5 cm

Reviews(0)

There are no reviews yet.

Add a Review

Be the first to review “Zaman Baru Generasi Modernis: Sebuah Catatan Arsitektur – Abidin Kusno”

Subscribe