Please select a page for the Contact Slideout in Theme Options > Header Options
Third Debate dan Kritik Positivisme Ilmu Hubungan Internasional – Shaummil Hadi

Third Debate dan Kritik Positivisme Ilmu Hubungan Internasional – Shaummil Hadi

Rp 63.000,00

Penerbit: Jalasutra
ISBN: 978-602-8252-01-0

Kondisi: Baru

Hubungan Internasional (HI) sudah sejak lama dikenali sebagai praktik pengejaran objek-objek kekuasaan. Namun di balik hal tersebut, orang lalai berpikir bahwa itu merupakan sebentuk kekakuan dalam memandang HI, baik itu sebagai praktik maupun pengetahuan. Kekakuan itu mengisyaratkan ketidakmampuan orang keluar dari keterkungkungan pengetahuan karena suatu objek kekuasaan yang ada padanya, yang berujung pada kekakuan praktik pengetahuan tersebut.

Ironisnya, kekakuan dalam memandang praktik HI secara awam itu juga merupakan kekakuan dalam ilmu HI pada umumnya. Kekakuan tersebut, sebagaimana diutarakan dalam buku ini, pada dasarnya berasal dari kekakuan definisi ilmu HI itu sendiri yang diterakan sebagai ilmu yang harus mempelajari hubungan dan interaksi antar negara-negara semata. Ditenggarai bahwa kekakuan HI itu bersumber dari kekakuan sifat negara sendiri dalam kerangka hubungannya dengan negara lain, atau sifat alamiah negara dalam hubungan internasional. Selain itu, kekakuan dalam memandang fenomena hubungan internasional ternyata berasal dari pegangan epistemologi yang dianut para pengkaji HI itu sendiri selama ini, yakni epistemologi positivisme.

Tujuan utama penelusuran dalam buku ini adalah hendak meluruhkan kekakuan dari teleologi tradisional HI tersebut dengan memperkenalkan sejarah dan kesejarahan dari mana sumber kekakuan itu berasal, yang nantinya diharapkan dapat dijadikan model dari suatu upaya pemahaman baru guna melihat HI dan logika persoalannya yang lebih kontemporer, sehingga ia dapat bermanfaat pula bagi upaya-upaya menjawab berbagai artikulasi krisis dan sosio-kultural yang kini sedang dihadapi dunia. Argumen-argumen yang dikemukakan dalam buku ini sebagian besar dilatrbelakangi terjadinya perubahan cara pandang sejak beberapa dasawarsa terakhir dalam dunia sosial, yang terkait erat dengan munculnya posmodernisme sebagai ide dan fenomena.

SKU: JAL055-BTJ Categories: , ,
000

Additional information

Weight0.6 kg
Dimensions16 x 22 x 2.5 cm

Reviews(0)

There are no reviews yet.

Add a Review

Be the first to review “Third Debate dan Kritik Positivisme Ilmu Hubungan Internasional – Shaummil Hadi”

Subscribe