Please select a page for the Contact Slideout in Theme Options > Header Options
Perubahan Sosial di Yogyakarta – Selo Soemardjan

Perubahan Sosial di Yogyakarta – Selo Soemardjan

Rp 80.000,00

Penerbit: Komunitas Bambu
Tahun Terbit: 2009
Tebal: 544 halaman
Bahasa: Indonesia
ISBN: 979-3731-41-9

Kondisi: Baru

Buku ini adalah karya klasik dari Selo Soemardjan yang mendapat gelar sebagai “Ilmuwan Sosiologi Utama” di Indonesia. Ia mengupas perubahan sosial dan politik dan revolusioner di Yogyakarta akibat pergantian kekuasaan dari Pemerintah Hindia Belanda, kemudian Militeristik Jepang dan akhirnya Republik Indonesia.

Sebagai karya yang ditulis oleh orang yang lahir, besar dan tinggal di Yogyakarta serta mengalami sendiri peristiwa-peristiwa itu membuat karyanya ini bukan saja menunjukkan sebuah kualitas kesarjanaan yang prima, tetapi juga perkisahan orang dalam yang piawai dan menukik bergaya tukang cerita.

Secara jelas digambarkan perubahan yang berkenaan dengan administrasi pemerintahan, partai politik, pertanian-perkebunan rakyat, perkembangan teknologi, perkembangan pendidikan, kemunculan perusahaan asing dan akhirnya bagaimana semua itu mengubah mentalitas masyarakat Yogyakarta dari introvert ke ekstrovert, terutama sekali setelah kota kerajaan itu menjadi Ibukota Republik Indonesia pada 1946-1949.

*

Buku memukau “Bapak Sosiologi” Indonesia yang melahirkan sejumlah hipotesa atau suatu ulasan teori yang bersifat umum tentang sifat perubahan sosial.”

– Harsja W. Bachtiar, Sosiolog

Studi pionir yang penting dicatat sebab memberikan perspektif sejarah dan perubahan sosial terkait dengan pertumbuhan Kota Yogyakarta pada masa-masa akhir pemerintahan Hindia Belanda sampai kurang lebih tahun 1958.”

– Abdurachman Surjomihardjo, Sejarawan

Buku babon sosiologi di Indonesia.”

– Majalah TEMPO

SKU: BAM023-BTJ Categories: , ,
000

Additional information

Weight0.7 kg
Dimensions16 x 23 x 5 cm

Reviews(0)

There are no reviews yet.

Add a Review

Be the first to review “Perubahan Sosial di Yogyakarta – Selo Soemardjan”

Subscribe