Please select a page for the Contact Slideout in Theme Options > Header Options
Membangun dan Menghuni Rumah di Lerengan – Heinz Frick

Membangun dan Menghuni Rumah di Lerengan – Heinz Frick

Rp 11.000,00

Penerbit: Kanisius
Tahun Terbit: 2003
Tebal: 60 halaman
ISBN: 978-979-2106-88-6

Kondisi: Baru

Rumah adalah tempat yang kita tinggali sehari-hari, rumah di daerah lerengan merupakan salah satu bentuk dari letak rumah. Rumah lerengan sangat menguntungkan karena berhubungan langsung dari rumah dengan tanah terjamin seperti sengkedan, namun jika rumah lerengan tidak diikuti dengan teknik yang baik akan menimbulkan masalah. Untuk mengatasi hal itu buku ini dapat dijadikan sebagai pedoman untuk merencanakan, membangun rumah di lerengan serta mencegah erosinya, serta mengatasi permasalahan yang berkaitan dengan lerengan.

*

Heinz Frick lahir di Swiss tahun 1943, belajar keahlian praktis sebagai juru gambar arsitektur dan tukang kayu. Melanjutkan pendidikan arsitektur di Zurich (Swiss) hingga lulus sarjana arsitektur tahun 1965. Sesudah 9 tahun di Indonesia (1970-79), ia pulang ke Kerajaan Liechtenstein, berwiraswasta di bidang eko-arsitektur dan pemugaran, serta bertugas juga sebagai dosen tidak tetap untuk konstruksi bangunan, konstruksi kayu, dan eko-arsitektur di Institut Teknologi Tinggi di Vaduz. Selama 9 tahun di Indonesia, 6 tahun (1970-1976) tinggal di Kalimantan Tengah dan membangun STM-kayu serta tiga jembatan konstruksi kayu yang lebar; 3 tahun (1977-1979) mengajar di Institut Teknologi Katolik Semarang sebagai dosen tetap untuk perencanaan arsitektur, konstruksi kayu, dan statika lanjutan.

Pendidikan pascasarjana diraih pada Universitas Teknik Zurich (Swiss) 1985-1986, dengan penelitian arsitektur tradisional di pegunungan Nepal. Meraih gelar doktor dari Universitas Teknik Eindhoven (Belanda) tahun 1995 dengan disertasi 'Pola struktural dan teknik bangunan di Indonesia'. Pada tahun 2000 memperoleh juga diploma dalam 'building-biology' dari Institute of Building Biology & Ecology, Selandia Baru.

Sejak tahun 1996 menjadi dosen tetap Fakultas Teknik, Jurusan Arsitektur, Universitas Katolik Soegijapranata Semarang dan sejak tahun 2002 mengepalai Lembaga Pendidikan Lingungan-Manusia-Bangunan (LMB). Kini banyak berkecimpung di bidang konstruksi bangunan dan eko-arsitektur serta aktif dalam penelitian sistem konstruksi bangunan baru untuk perumahan sederhana dan menulis artikel dan buku-buku teknik bangunan dalam berbagai bahasa.

SKU: KAN001-BP Categories: , ,
000

Additional information

Weight0.3 kg
Dimensions16.5 x 23.5 x 1.5 cm

Reviews(0)

There are no reviews yet.

Add a Review

Be the first to review “Membangun dan Menghuni Rumah di Lerengan – Heinz Frick”

Subscribe