Please select a page for the Contact Slideout in Theme Options > Header Options
Kuasa dalam Sinema: Negara, Masyarakat, dan Sinema Orde Baru – Krishna Sen

Kuasa dalam Sinema: Negara, Masyarakat, dan Sinema Orde Baru – Krishna Sen

Rp 60.000,00

Penerbit: Ombak
Tahun Terbit: 2009
Tebal: 345 halaman
ISBN: 978-602-8335-23-2

Kondisi: Baru

Hingga kini, buku ini adalah studi yang paling komprehensif tentang teks dan institusi sinema Indonesia setelah kontra-revolusi tahun 1965 yang digerakkan oleh militer. Krishna Sen menunjukkan bahwa sinema Indonesia tidak bisa dipahami kecuali dengan merujuk pada transformasi ekonomi dan politik yang dibawa oleh pemerintahan Orde Baru di bawah Jenderal Soeharto.

Terjebak dalam gerakan nasionalis radikal sebelum tahun 1965, sinema Indonesia dibersihkan dari elemen-elemen radikalnya dan , dengan pengecualian stasiun televisi milik negara, media massa yang paling dikontrol secara ketat. Meski demikian, pada momen-momen penuh letupan radikal, penulis menunjukkan bagaimana sinema beraliansi dengan para pengkritik rezim Soeharto yang notabene adalah kelas menengah.

Di bagian pertama, Krishna Sen mnjelaskan secara rinci latar belakang sejarah dan memeriksa struktur industri sinema Indonesia di bawah Orde Baru. Adapun bagian kedua adalah analisis yang menarik atas beragam teks filmis. Di sini penulis menunjukkan bagaimana hubungan-hubungan sosial di Indonesia terkonstruksi secara diskursif dalam sinema, dan lebih jauh lagi dalam diskursus politik Orde Baru yang dominan.

Kuasa dalam Sinema adalah buku yang sangat kaya serta memuat ilustrasi sejumlah poster dan still film. Buku ini menunjukkan pentingnya kebudayaan populer dalam memahami posisi rezim Soeharto secara nasional maupun internasional, dan analisis penulis tentang politik tekstual Indonesia akan sangat tak ternilai harganya bagi siapapun yang tertarik dengan isu pembangunan identitas nasional.

SKU: OMB011-BP Categories: , , ,
000

Additional information

Weight0.5 kg
Dimensions15.5 x 21.5 x 2 cm

Reviews(0)

There are no reviews yet.

Add a Review

Be the first to review “Kuasa dalam Sinema: Negara, Masyarakat, dan Sinema Orde Baru – Krishna Sen”

Subscribe