Please select a page for the Contact Slideout in Theme Options > Header Options
Keluarga Tradisional Jepang dalam Perspektif Sejarah dan Perubahan Sosial – Dr. Ekayani Tobing

Keluarga Tradisional Jepang dalam Perspektif Sejarah dan Perubahan Sosial – Dr. Ekayani Tobing

Rp 55.000,00

Penerbit: Iluni
ISBN: 979-25-7591-X

Kondisi: Bekas

“Sistem ‘ie‘ merupakan sistem keluarga tradisional Jepang yang tumbuh dan berkembang dalam masyarakat ‘bushi‘ sejak jaman feudal. Sistem keluarga ini berpijak pada kesadaran diri akan ‘ba‘ atau frame di mana diri bernaung, atau di mana diri berada, dan menomorduakan status diri itu siapa. Sistem keluarga ini berporos pada garis keturunan ayah, mengutamakan anak laki-laki sulung, dan keanggotaan keluarga tidak terbatas pada hubungan darah.

“Sistem keluarga ini dikukuhkan dalam Undang-Undang Meiji (1868-1911), karena pemerintah Meiji sendiri mengadopsi sistem keluarga ini untuk menjadi negara Jepang sebagai ‘kazoku kokka‘, yaitu negara keluarga. Namun negara keluarga yang membawa kejayaan Jepang di jaman Meiji tidak bertahan. Pengaruh berbagai aspek kebudayaan Barat banyak mengikis nilai-nilai dan atau norma-norma tradisional Jepang yang berujung pada perubahan Undang-Undang Dasar Jepang di tahun 1946 yang menghapuskan sistem ‘ie‘ dari dalamnya.

“Dalam buku ini tampak usaha penulis untuk mengungkapkan bahwa meskipun secara de jure sistem ‘ie‘ sudah dihapus, namun konsep ‘ie‘ dalam pranata kebudayaan Jepang masih eksis.”

– Dr. Siti Dahsiar Anwar
(Mantan Ketua Program Kajian WIlayah Jepang UI)

SKU: BP1272 Categories: , ,
000

Additional information

Weight0.4 kg
Dimensions15 x 22 x 1 cm

Reviews(0)

There are no reviews yet.

Add a Review

Be the first to review “Keluarga Tradisional Jepang dalam Perspektif Sejarah dan Perubahan Sosial – Dr. Ekayani Tobing”

Subscribe