Please select a page for the Contact Slideout in Theme Options > Header Options
Involusi Pertanian – Proses Perubahan Ekologi di Indonesia – Clifford Geertz

Involusi Pertanian – Proses Perubahan Ekologi di Indonesia – Clifford Geertz

Rp 95.000,00

Pengantar: Benjamin Higgins
Penerbit: Komunitas Bambu
Tahun Terbit: 2016
Tebal: xxii+218 hlm
ISBN: 979-979-9542-38-3

Kondisi: Baru

Satu lagi karya dari seorang antropolog budaya paling berpengaruh di Amerika Serikat selama tiga dekade yang menggunakan Indonesia sebagai objek penelitiannya. Karya ini awalnya merupakan bab pertama esai programatis Clifford Geertz, “The Development of the Javanese Economy: A Sosio-Cultural Approach”—hasil dari penelitian proyek yang dilakukan Massachusetts Institute of Technology pada 1956. Banyak pengembangan dan perbaikan dilakukan terhadap tulisan tersebut sehingga buku tentang kemunduran pertanian di Indonesia ini dapat lahir.

Seperti penelitian yang dilakukan sebelumnya, Geertz menggabungkan beberapa disiplin ilmu dalam karya antropologinya. Kali ini dengan menggunakan berbagai pendekatan – utamanya ekologis – Geertz mendeskripsikan perkembangan penggunaan lahan di Indonesia pada masa kolonial Belanda dari abad ke-17 hingga abad ke-20.

Sistem Tanam Paksa yang diterapkan pemerintah kolonial ketika itu nyatanya tidak berhasil menjadikan pertanian Indonesia mengalami evolusi, tetapi sebaliknya. Involusi ini menjadikan pertanian hanya sebagai tempat penampungan penduduk yang terus bertambah serta kemiskinan yang dibagi rata (shared poverty). Menurut antropolog ini, sistem pertanian dan sistem budaya menjadi pemicu dari kondisi involutif tersebut. Selain itu, dikotomi sawah-ladang dan Indonesia Bagian Dalam (Jawa)-Indonesia Bagian Luar (Luar Jawa) yang digunakan Geertz memperlihatkan perbedaan mencolok pola penggunaan lahan yang sedikit banyak dapat merefleksikan keadaan sosial budaya masyarakat Indonesia pada saat itu.

SKU: BAM038-BTJ Categories: , ,
000

Additional information

Weight0.5 kg
Dimensions14.5 x 21.5 x 2 cm

Reviews(0)

There are no reviews yet.

Add a Review

Be the first to review “Involusi Pertanian – Proses Perubahan Ekologi di Indonesia – Clifford Geertz”

Subscribe