Please select a page for the Contact Slideout in Theme Options > Header Options
Etnis Tionghoa di Indonesia: Kumpulan Tulisan – Mely G. Tan

Etnis Tionghoa di Indonesia: Kumpulan Tulisan – Mely G. Tan

Rp 70.000,00

Pengantar: Charles Coppel
Penerbit: Yayasan Pustaka Obor Indonesia
Tahun Terbit: 2008
Tebal: 324 halaman
ISBN: 978-979-461-689-5

Kondisi: Baru

Dalam buku ini terkumpul 12 tulisan terpilih Mely G. Tan yang telah dipresentasikan dan diterbitkan dari tahun 1990-an sampai dengan tahun 2004. Kebanyakan, 9 dari 12, ditulis dalam bahasa Inggris, karena dipresentasikan dalam pertemuan ilmiah internasional dan diterbitkan di luar negeri. Kurun waktu ini mencakup peristiwa Mei 1998, yang merupakan tonggak amat penting (watershed) dalam sejarah masyarakat Indonesia Tionghoa.

Berbagai aspek kehidupan orang beretnis Tionghoa tergambar dalam buku ini: dari gambaran kehadiran mereka di Indonesia, pandangan Bung Karno tentang keragaman etnis, serta dimensi sosial kultural peran etnis Tionghoa di masyarakat Indonesia.

Kemudian, terlihat bagamana beragamnya masyarakat etnis Tionghoa; ada yang menganut agama Islam, bahkan sudah ada komunitas Islam Tionghoa pada abad ke-15 dan ke-16.

Orang beretnis Tionghoa juga mempunya pengaruh mendalam pada makanan dan bahasa yang bertalian dengan makanan pada orang Indonesia umumnya. Mengenai peran mereka dalam ekonomi dan bisnis, tulisan yang termuat dalam buku ini justru mempertanyakan berbagai stereotipe yang sudah umum diterima dalam masyarakat Indonesia. Ada pula bahasan tentang identitas, yang sekarang banyak dibicarakan.

SKU: OBO017-BTJ Categories: , ,
000

Additional information

Weight0.7 kg
Dimensions17 x 23 x 3 cm

Reviews(0)

There are no reviews yet.

Add a Review

Be the first to review “Etnis Tionghoa di Indonesia: Kumpulan Tulisan – Mely G. Tan”

Subscribe