Please select a page for the Contact Slideout in Theme Options > Header Options
Dari Melayu Menjadi Indonesia: Dari Politik Bahasa hingga Politik Identitas – Afthonul Afif dkk.

Dari Melayu Menjadi Indonesia: Dari Politik Bahasa hingga Politik Identitas – Afthonul Afif dkk.

Rp 90.000,00

Penerbit:Basabasi
Tahun Terbit: 2018
Tebal: 444 halaman
ISBN: 978-602-6651-90-7

Kondisi: Baru

Buku ini merupakan kumpulan tulisan dari sejumlah peneliti dan penulis dengan latar belakang disiplin keilmuan yang beragam yang mencoba meneroka keindonesiaan dari sudut pandang kemelayuan. Melayu dalam konteks buku ini lebih dipahami sebagai sebuah kelompok bangsa penutur bahasa Austronesia yang persebarannya sangat luas, yang mendiami di hampir seluruh kawasan Asia Tenggara, bahkan hingga Fiji dan Hawaii. Dengan merujuk pada pengertian tersebut, tulisan-tulisan di buku ini tidak hendak memasuki medan perdebatan untuk menguji seberapa valid kebenaran pengertian tersebut, tapi justru hendak menjelajahi sejauhmana ia termanifestasikan dalam bentangan sejarah Indonesia modern.

Sebagai buku yang disusun dari beragam tema dan latar belakang kajian yang sebelumnya terbit secara terpisah, dan tidak diniatkan sejak awal untuk dikumpulkan lalu diterbitkan, buku ini lebih menyerupai mozaik, tidak menawarkan kekhususan yang mendalam, tapi menyuguhkan panorama yang beragam dan menyebar. Keragaman tema dan pendekatan yang diusung buku ini jika dibaca sebagai ‘kemungkinan’ pembacaan, justru dapat menjadi informasi awal berharga yang sanggup memperluas cakrawala pandang kita tentang betapa kompleks dan luasnya realitas ‘kemelayuan’ juga ‘keindonesiaan’ itu sendiri yang acapkali kita tanggapi sebagai realitas yang sederhana dan monoton.

000

Additional information

Weight0.4 kg
Dimensions14.5 x 20.5 x 3 cm

Reviews(0)

There are no reviews yet.

Add a Review

Be the first to review “Dari Melayu Menjadi Indonesia: Dari Politik Bahasa hingga Politik Identitas – Afthonul Afif dkk.”

Subscribe