Please select a page for the Contact Slideout in Theme Options > Header Options
Babad Tanah Sunda Babad Cirebon

Babad Tanah Sunda Babad Cirebon

Rp 68.000,00

Kondisi: Bekas

Riwayat Hidup Penyusun:

P.S. Sulendraningrat dilahirkan di Kaprabonan Cirebon tanggal 3 Juni 1914. Pendidikan yang pernah ia capai HIS Taman Siswa dan HIS Negeri diploma tahun 1930, ia juga mendapat diploma KAE tahun 1929.

Kemudian tahun 1933 ia capai tanpa diploma Mulo negeri. Namun rupanya ia lebih banyak memperdalam perihal keagamaan berkenaan ia hidup di tengah-tengah lingkungan Pengguron Islam Kaprabonan, ayahandanya seorang ramaguru besar Tarekat Satariyah, tetapi juga ia pernah memasuki Pesantren Buntet bidang fikih, nahwu, gramatika bahasa Arab, dan tafsir Al Qur’an selama 3 tahun. Ia juga pernah memasuki Pesantren Al Azhar selama 1 tahun untuk memperdalam tafsir Al Qur-an.

Selama 15 tahun, ia mendapat gemblengan dan pembinaan ayahandanya yang ahli Tarekat dan Tasawuf itu, ia mengkaji dan mendalami ajaran Traket Satariyah, sehingga ia dapat lestari sebagai pelanjut pewaris leluhurnya. Sampai sekarang ia dikenal sebagai ramaguru Tarikat Satariyah di Pengguron Caruban Krapyak Keprabonan Cirebon di samping ia pernah menjabat pimpinan MU di desanya sambil ia isi pula waktunya dengan mengikuti kursus bahasa Arab Belanda “Republica” Bandung diploma tahun 1940.

Selanjut usianya ini ia masih dibebani tugas. Ia sebagai Ketua Umum Lembaga Kebudayaan Wilayah III Cirebon. Ia pula sebagai pemegang penanggungjawab sejarah Cirebon dan ia juga sebagai Pembina aktif GUPPI WIlayah III Cirebon.

Karya naskahnya yang telah diterbitkan antara lain Nukilah Sejarah Cirebon Asli, Sejarah Cirebon, Purwaka Caruban Nagari, Timbangan (tasawuf).

(Cirebon, 22 Pebruari 1984)

SKU: BP0589 Categories: , ,
000

Additional information

Weight0.4 kg
Dimensions15.5 x 22 x 1 cm

Reviews(0)

There are no reviews yet.

Add a Review

Be the first to review “Babad Tanah Sunda Babad Cirebon”

Subscribe