Please select a page for the Contact Slideout in Theme Options > Header Options

Platform | Michel Houellebecq

Platform | Michel Houellebecq
06/05/2008

Publisher: Vintage, 2003, English (translated from French by Frank Wynne)

Anggaplah novel ini sebagai pernyataan seorang radikal Eropa yang berkisah tentang dekadensi moral dunia Barat. Quote Balzac yang ditulis sebagai pengantar buku ini, “Semakin penuh godaan, semakin menarik pula hidup seseorang” secara jelas mengantarkan kita pada cerita tentang Michel, si tokoh utama, dalam perjalanannya menebus dosa-dosa petualangan seksualnya.

Cerita diawali ketika Michel mendapati ayahnya mati dibunuh. Kejadian tersebut memang tidak memengaruhinya secara mendalam, namun membuatnya memutuskan untuk berhenti dari pekerjaannya di departemen kebudayaan yang membosankan, dan berpetualang ke Thailand, sebuah negara yang hingga kini masih dipandang eksotis oleh dunia Barat. Petualangan seks liarnya di Thailand bukannya lantas membuat ia merasa jijik pada para pelacur Asia, tapi justru pada para pria pemakai jasa yang sebagian besar adalah orang Barat. Di sana Michel bertemu dengan Valerie, perempuan yang kemudian menjadi kekasihnya setelah ia kembali ke Paris. Bersama Valerie, yang ternyata bekerja di sebuah perusahaan tur dan travel, Michel memulai usaha turisme seks yang bertujuan mempermudah akses petualangan ‘panas’ orang-orang Barat di negeri Timur. Namun tidak lama, usaha mereka dihancurkan oleh para teroris Islam.

Beberapa pernyataan kontroversial Houellebecq yang tersirat, menjadikan buku ini sebuah bacaan multi-dimensi yang bisa membuat dada beberapa orang kembang kempis. Houellebecq percaya bahwa bangsa Eropa yang kini telah mapan dengan peradaban mereka, hanya layak hidup jika mereka mampu meredistribusikan kekayaan pada negara-negara lain yang telah menopang keberadaan mereka. Dan karenanya, persilangan hubungan seks sudah sepantasnya mengikuti persilangan pertukaran uang: suatu konsep di mana perbedaan ras, bentuk fisik, umur, tingkat intelektual, telah dihilangkan. Di sisi lain, ia pun menuai kritik atas kaum agamis terhadap sikap kesoksucian mereka dan obsesi (melenceng) mereka pada kematian. Tidak heran apabila karena karyanya ini Houellebecq berkali-kali dituntut oleh lembaga Islam di negeri asalnya, Perancis.

Kalau Anda berpikiran cukup terbuka, coba baca, nikmati, dan renungkan buku ini. Bila Anda tertawa dan menikmatinya, Anda seorang egois yang sadar benar akan daya destruksi manusia atas diri dan dunianya. Namun tenang, mungkin benar bahwa di dunia ini hanya ada dua jenis manusia, dan keduanya masuk dalam kategori ‘orang-orang yang hanya mementingkan diri sendiri’. Perbedaannya adalah, sebagian dari kita tidak sadar benar, dan sebagian lagi melakukannya dengan penuh kesadaran. [AD, ditulis kembali dari 1001 Books You Must Read]

Comments (0)

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Subscribe