Please select a page for the Contact Slideout in Theme Options > Header Options

Cerpen untuk Filem | Forum Lenteng

Cerpen untuk Filem | Forum Lenteng
19/08/2008

Kineruku Layar Tancep
Hegarmanah 52 Bandung
Sabtu, 23 Agustus 2008
18:30 WIB

CERPEN UNTUK FILEM
Proyek Filem Pendek Forum Lenteng
Kompilasi

Rangka kerja CERPEN UNTUK FILEM merupakan salah satu kegiatan rangka kerja yang menjadi bagian dari program kajian Forum Lenteng tentang persoalan sosial dan budaya di Indonesia melalui karya sastra Indonesia, melalui bahasa ‘audiovisual’ yang menjadi salah satu upaya pendekatannya.

Berawal dari ‘bagaimana merepresentasikan teks-teks karya cerpen Indonesia menjadi bahasa audiovisual, film’. Rangka kerja yang berlangsung sejak Januari-April 2008 ini mencoba menuturkan kembali persoalan-persoalan sosial dan budaya yang tercermin dalam teks-teks dalam cerpen yang dibuat pada masanya itu melalui pemaknaan atas situasi sosial dan budaya masyarakat di Indonesia sekarang ini. Dalam rangka kerja ini, karya cerpen tidak bertindak sebagai obyek adaptasi tetapi sebagai sumber inspirasi persoalan sosial dan budaya yang kemudian direpresentasikan ke dalam bentuk ‘audiovisual’ (film). Dengan menggunakan medium ini, partisipan mencoba melihat kemungkinan lain dari cara bertutur medium film dengan membangun konstruksi cerita yang terinspirasi dari cerpen.

Cerpen-cerpen yang menjadi subjek kajian dalam proyek CERPEN UNTUK FILEM adalah karya empat penulis utama di Indonesia yaitu; cerpen “Sybil” karya Umar Kayam (dalam buku Seribu Kunang-Kunang di Manhattan), “Secangkir Kopi dan Sepotong Donat” karya Umar Kayam (buku Seribu Kunang-Kunang di Manhattan), “Yorrick” karya Budi Darma (buku Orang-Orang Bloomington), “Keluarga M” karya Budi Darma (buku Orang-Orang Bloomington), “Pembotakan Terakhir” karya AA Navis (buku Robohnya Surau Kami) dan “Karjan dan Kambingnya” karya Hamsad Rangkuti (buku Sampah Bulan Desember).

Pemilihan cerpen-cerpen tersebut di atas berdasarkan tema sosial yang diangkat di dalamnya seperti; keterasingan, sejarah dan memori kolektif, dan perspektif massa dalam melihat persoalan sosial dalam individu-individu di dalamnya.

Selama empat bulan proyek CERPEN UNTUK FILEM, menghasilkan sembilan film pendek yaitu:

1. SUARA KOTA | Syaiful Anwar, 14 menit
Terinspirasi dari cerpen “Sybil” karya Umar Kayam, dalam buku Seribu Kunang-Kunang di Manhattan (PT Pustaka Utama Grafiti, 2003).

2. LINGKARAN X | Bagasworo Aryaningtyas, 9 menit
Terinspirasi dari cerpen “Yorrick” karya Budi Darma, dalam buku Orang-Orang Bloomington (Metafor Intermedia Indonesia, 2004).

3. DISKO PLASTIK | Gelar Agryano Soemantri & Mirza Jaka Suryana, 23 menit
Terinspirasi dari cerpen “Yorrick” karya Budi Darma, dalam buku Orang-Orang Bloomington (Metafor Intermedia Indonesia, 2004).

4. INTERIOR KACA | Otty Widasari, 17 menit
Terinspirasi dari cerpen “Yorrick” karya Budi Darma, dalam buku Orang-Orang Bloomington (Metafor Intermedia Indonesia, 2004).

5. MARIA | Fuad Fauzi, 16 menit
Terinspirasi dari cerpen “Pembotakan Terakhir” karya AA Navis, dalam buku Robohnya Surau Kami (Gramedia Pustaka, cetakan 13, 2007).

6. PEGGY KEMANA KAU SEMALAM? | Arissa Afridayanti R., 14 menit
Terinspirasi dari cerpen “Secangkir Kopi dan Sepotong Donat” karya Umar Kayam, dalam buku Seribu Kunang-Kunang di Manhattan (PT Pustaka Utama Grafitti, 2003).

7. SECANGKIR COPY PASTE DAN CELL | Maulana M. Pasha, 19 menit
Terinspirasi dari cerpen “Secangkir Kopi dan Sepotong Donat” karya Umar Kayam, dalam buku Seribu Kunang-Kunang di Manhattan (PT Pustaka Utama Grafitti, 2003).

8. M / | Ajeng Nurul Aini, 25 menit
Terinspirasi dari cerpen “Keluarga M” karya Budi Darma, dalam buku Orang-Orang Bloomington (Metafor Intermedia Indonesia, 2004).

9. BALADA HARI RAYA | Riezky Andhika Pradana, 18 menit
Terinspirasi dari cerpen “Karjan dan Kambingnya” karya Hamsad Rangkuti, dalam buku Sampah Bulan Desember (Penerbit Buku KOMPAS, 2000).


Comments (2)

  1. Dwitra J. Ariana 13 years ago

    kami tunggu roadshow di bali… di bali banyak penulis, barangkali kegiatan ini akan manginspirasi filmisasi cerpen sebagaimana kawan-kawan disini begitu fasih memusikalisasi puisi…

    salam,
    Dwitra J. Ariana

  2. Nina Rosida 12 years ago

    Aku senang banget baca info ini. Tapi, bagaimana aku bisa mendapatkan copy dari film-film itu. Kalau aku harus beli di mana dan berapa harganya?

    Kenapa aku tertarik? Kebetulan di sekolahku buku KC pengarang-pengarang tersebut dipelajari. Ya, sekalian untuk bahan kajian dan perbandingan buat anak didik saya.

    Saya tunggu responnya. Thanks.

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Subscribe