Please select a page for the Contact Slideout in Theme Options > Header Options

About Us

Kineruku
Jl. Hegarmanah 52
Bandung, 40141
Indonesia

tel: +62 22 203 9615
mobile: +62 878 2428 1152
email: kineruku@gmail.com
twitter: @kineruku
instagram: @kineruku
web: kineruku.com

Jam Buka:
Senin, Rabu, Kamis, Jumat, Sabtu 10:00 – 20:00 WIB
Minggu 11:00 – 18:00 WIB
Selasa tutup..
.


.
.Mengenai Kineruku

Kineruku adalah perpustakaan swasta yang dibuka untuk umum yang menyediakan referensi berupa buku, musik, dan film. Buku sastra, sosiologi, budaya, sejarah, arsitektur, seni, desain, dan filsafat, merupakan tema-tema utama koleksi Kineruku, yang dapat dibaca di tempat atau disewa.

Koleksi perpustakaan Kineruku meliputi lebih dari 4000 judul buku, 1000 CD musik dan 1000 judul film yang tertata rapi di antara rak-rak kayu, kursi-kursi nyaman, dan taman yang asri. Selain ruang baca yang tenang, tersedia juga berbagai menu makanan minuman rumahan untuk menemani kegiatan baca-dengar-tonton di Kineruku.

Selain menyewakan buku/musik/film, Kineruku juga menjual buku dan menerima kerjasama titip-jual dengan penerbit-penerbit lokal dan nasional, meliputi buku, majalah, juga produk stationary dan merchandise seperti handmade notebooks, stiker, totebags, dsb; juga label-label rekaman meliputi CD album penuh, single, maupun EP. Tersedia juga beberapa vinyl/piringan hitam/plat impor maupun lokal.
.

Sejarah dan Visi Kineruku

Kineruku didirikan tanggal 29 Maret 2003 (pada awal berdiri bernama Rumah Buku). Ketika studi di Chicago, Amerika Serikat, salah satu pendiri Kineruku melihat betapa akses publik terhadap informasi di negeri maju sangat terfasilitasi, terlihat dari banyaknya perpustakaan kota, toko-toko buku, CD musik, dan rental film di setiap penjuru kota. Percaya pada pepatah ‘knowledge is power‘, ia kemudian bermimpi untuk bisa membuka perpustakaan yang menyediakan itu semua di kota kelahirannya, Bandung. Sepulangnya ke Indonesia, segera diwujudkanlah mimpinya tersebut di sebuah rumah kosong peninggalan kakeknya. Dengan semangat berbagi, Kineruku didirikan sebagai alternatif pusat referensi buku-musik-film dimana publik bisa mengaksesnya dengan mudah. Juga untuk mengubah anggapan sebagian kalangan bahwa perpustakaan adalah sesuatu yang angker dan kurang bersahabat. Karenanya Kineruku sengaja dirancang senyaman mungkin, dengan konsep seperti rumah. Banyak pengunjung menganggap Kineruku sebagai rumah kedua mereka.

Akhir tahun 2009 namanya sempat berubah menjadi Rumah Buku/Kineruku, dan mulai Januari 2012 hingga kini namanya resmi menjadi Kineruku.


Koleksi DVD di Kineruku. Juga tersedia laserdisc dan VHS (untuk diakses di tempat).
.
.
Kineruku9A
Ruang Nonton (moviestation) dapat digunakan untuk menonton film-film khusus koleksi Kineruku. Kini sementara vakum karena sedang renovasi bangunan.
.


Selain buku dan film ada juga koleksi musik berupa CD yang dapat disewa.
.

Menjadi Anggota

Bagaimana cara menjadi anggota Kineruku?
Datang langsung ke Kineruku, membawa kartu identitas KTP yang masih berlaku, dan mengisi formulir keanggotaan. Ada dua jenis keanggotaan di Kineruku, yaitu A dan B. Keanggotaan jenis A untuk meminjam buku-buku berlabel kuning, sedangkan B untuk buku-buku berlabel kuning dan biru. Biaya pendaftaran untuk keanggotaan A adalah Rp 45.000,00 dan keanggotaan B adalah Rp 95.000,00. Keanggotaan Kineruku bersifat seumur hidup.

Ketika meminjam buku/musik/film koleksi Kineruku, anggota membayar ongkos sewa (rental) yang besarnya berbeda sesuai dengan item yang dipinjam tergantung jenis item. Untuk buku dan musik lama peminjaman adalah dua minggu (14 hari). Untuk film, 3 hari. Satu anggota bisa meminjam maksimal 3 buah item (gabungan antara buku, musik, dan film).

Keanggotaan dapat digunakan hanya oleh pemegang kartu anggota. Artinya tidak dapat dipindahtangankan atau dipakai orang lain.
.


Suasana pemutaran film di teras belakang Kineruku.
.


Pemutaran film ala layar tancap di taman rumput Kineruku.
.


Efek Rumah Kaca tampil di acara musik akustik di Kineruku.
.

 
Suasana ketika White Shoes & the Couples Company manggung di Kineruku.

Subscribe