Please select a page for the Contact Slideout in Theme Options > Header Options

/kabar:/ Siaran Tertulis dari Elevation Books – Pop Kosong Berbunyi Nyaring

/kabar:/ Siaran Tertulis dari Elevation Books – Pop Kosong Berbunyi Nyaring
30/03/2017 Rani Test

Setelah di awal tahun 2016 berhasil menerbitkan buku Setelah Boombox Usai Menyalak karya Herry “Ucok Homicide” Sutresna, yang baru saja memasuki cetakan ketiga, penerbit buku musik independen Elevation Books pada awal bulan Maret 2017 ini menerbitkan buku Pop Kosong Berbunyi Nyaring karya Taufiq Rahman, yang dikenal sebagai salah satu pendiri situs web Jakartabeat.net. Ini adalah buku kedua Taufiq setelah buku travelogue Lokasi Tidak Ditemukan: Mencari Rock ‘N Roll Sejauh 15.000 kilometer, yang terbit di tahun 2009. Buku Pop Kosong Berbunyi Nyaring berisi esai dan perenungan soal musik dan perjalanan hidup sang penulis selama hampir 20 tahun menghabiskan sebagian besar hidupnya bersama musik. Buku ini adalah buah pikiran yang belum pernah terbit sebelumnya—berbeda dengan kebanyakan buku kumpulan tulisan yang telah beredar—dan memang khusus ditulis untuk menjadi sebuah buku.

Tema yang dibahas dalam 19 bab di buku ini berkisar tentang beragam tema mulai dari kondisi mutakhir belantika musik Indonesia dan dunia, tentang nasib musik di tengah dominasi layanan streaming, hingga peranan musik band The Replacements dan album Deceit dari This Heat band post-punk industrial Inggris dalam politik pemilihan presiden tahun 2016 di Amerika Serikat. Terdapat juga tulisan yang sangat personal tentang bagaimana grunge membentuk identitas diri si penulis di akhir abad lalu. Namun lebih dari sekedar testimoni pribadi, buku Pop Kosong Berbunyi Nyaring dengan sub-judul “19 Hal Yang Tidak Perlu Diketahui Tentang Musik” adalah upaya untuk memperkenalkan musik, album, atau perspektif pinggiran yang tidak banyak ditulis dan dibicarakan ketika membahas tentang musik, sama seperti apa yang dilakukan oleh Nick Hornby di buku 31 Songs, yang begitu mendalam memperkenalkan musik-musik tidak terlalu terkenal, namun memiliki arti yang sangat istimewa bagi si penulis.

Buku ini mulai ditulis akhir tahun 2016 sebelum kemudian mengalami proses penyuntingan selama tiga bulan di awal tahun 2017 di tangan dingin Budi Warsito, pengelola perpustakaan Kineruku di Bandung. Buku ini bisa diperoleh melalui toko-toko buku dan toko musik independen di Indonesia seperti Post Santa dan High Fidelity di Jakarta, Kineruku dan Omuniuum di Bandung, Rilisan Fisik di Yogyakarta, perpustakaan c20 di Surabaya, dan beberapa outlet lain. Semoga buku ini bisa semakin meramaikan khazanah musik dan literatur Indonesia, meski tidak memberikan nilai tambah yang terlalu besar.

 

Pop Kosong Berbunyi Nyaring: 19 Hal yang Tidak Perlu Diketahui tentang Musik
Penulis: Taufiq Rahman | Penerbit: Elevation Books, 2017 | Tebal: 146 halaman + xviii

* * *

Untuk informasi lebih lanjut silakan hubungi:
Elevation Books:
mobile: +62 813 1950 1606 | email: elevation1977@gmail.com
twitter: @elevation_books | facebook: Elevation Records

 

_
Kata pengantar buku tersebut bisa diintip di tautan ini.

Buku Pop Kosong Berbunyi Nyaring: 19 Hal yang Tidak Perlu Diketahui tentang Musik ini bisa didapatkan seharga Rp 65.000,- di Kineruku.

Comments (0)

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Subscribe