Please select a page for the Contact Slideout in Theme Options > Header Options

/kabar:/ Pesta Rilis & Bincang Buku Nick Drake: Sebuah Biografi

/kabar:/ Pesta Rilis & Bincang Buku Nick Drake: Sebuah Biografi
09/07/2017 admin

Pesta Rilis & Bincang Buku
NICK DRAKE: SEBUAH BIOGRAFI
(Patrick Humphries, 2017)

Sabtu, 15 Juli 2017
Pukul 15:00-17:30 WIB

Kineruku
Jl. Hegarmanah 52, Bandung

Bersama:

  • Taufiq Rahman (penulis, pengamat musik)
  • Dimas Ario (pegiat musik digital, penggemar Nick Drake)
  • Muhammad Al Mukhlishiddin (penerjemah buku Nick Drake: Sebuah Biografi, 2017)
  • Jungkir Balik Pustaka Indonesia (penerbit buku Nick Drake: Sebuah Biografi, 2017)

Turut dimeriahkan oleh: penampilan musik Oscar Lolang

_

Nick Drake belum juga berumur 26 tahun saat ia wafat pada 1974. Penyanyi dan penggubah lagu asal Inggris ini hanya menghasilkan tiga album semasa hidupnya yang singkat: Five Leaves Left (1969), Bryter Layter (1971), dan Pink Moon (1972). Ketiganya dianggap album klasik sekarang.

Album-album itu tak cukup laku di masa hidupnya meski berbarengan dengan era seksinya folk Inggris ‘60an. Namanya tenggelam; dan tenggelam pula lagu-lagu dengan petikan jari lincah dan suara tebal nan lirihnya, padahal ksatria bergitar akustik lainnya semacam Cat Stevens dan Richard Thompson malah melejit. Matinya bunuh diri dan depresi—citra itulah yang kemudian melekat padanya, meski orang-orang BBC pernah menganggapnya lebih bagus daripada David Bowie.

Sejak kematiannya, Nick Drake telah dianggap sebagai sumber inspirasi utama para bintang dari beragam aliran: Paul Weller, R.E.M., Elton John, Everything but the Girl, Tom Verlaine (Television), Matt Johnson (The The), Robert Smith (The Cure).

Buku Nick Drake: Sebuah Biografi (2017) berisi wawancara eksklusif dengan sahabat, kolega, musisi yang mengenal dan pernah bekerjasama dengannya. Bukan hanya berisi penjelajahan yang belum pernah dilakukan atas hidup dan karyanya, melainkan juga skena musik 1960an dan kondisi sosial politik saat itu yang ikut melatarinya.

Ketertarikan Patrick Humphries sejak lama untuk menulis buku tentang Nick Drake kian berkobar saat ia mengetahui bahwa pamannya, dr. James Lusk, ternyata adalah dokter yang membidani lahirnya Nick ke dunia dan terus menjaga silaturahmi dengan keluarga Drake. Buku yang pertama kali terbit pada 1998 ini mengutip surat panjang dari ayah Nick kepada dr. Lusk, yang memaparkan bagaimana ibu Nick menemukan jasad anaknya di pagi hari pasca insiden overdosis obat yang diresepkan dokter.

Di buku ini dibahas pula sistem pendidikan sekolah swasta di Inggris dan kecenderungan-kecenderungan keluarga yang pernah mengalami zaman imperialisme Inggris. Semua itu ditelusuri untuk menjelaskan kegagalan karir dan depresinya, sehingga terkuaklah wajah lain Nick Drake yang lebih manusiawi. Ini adalah buku tentang jenius folk yang terabaikan.

Penerbit Yayasan Jungkir Balik Pustaka Indonesia bersepakat dengan Bloomsbury Publishing Plc untuk menerbitkan Nick Drake: Sebuah Biografi karya Patrick Humphries pada Juli 2017. Di Bandung, peluncurannya diadakan di Kineruku, dibarengi dengan bincang santai dan penampilan musik cover version lagu-lagu Nick Drake.

Acara ini gratis dan terbuka untuk umum, tempat terbatas. Buku Nick Drake: Sebuah Biografi bisa didapatkan di lokasi diskusi.

*

Acara ini terselenggara berkat kerjasama Jungkir Balik Pustaka Indonesia, Microgram Entertainment, dan Kineruku.

_

Nick Drake: Sebuah Biografi
Penulis: Patrick Humphries
Penerjemah: Muhammad Al Mukhlishiddin
Ilustrator Sampul: Bambang Nurdiansyah
Penerbit: Jungkir Balik Pustaka Indonesia, 2017
ISBN 978-602-61744-0-6
Tebal: xxv + 426 halaman
Harga: Rp 100.000,-

Comments (0)

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Subscribe